Responsive Banner design
Home » » CONTOH RPP BAHASA INDONESIA TERBARU 2019

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA TERBARU 2019



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESETR II
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Tinggi Dosen Pengampu : Mudzanatun, M.Pd





logo instansi



                                                  Nama              :      Teguh Laksana
                                                  Kelas               :      4B
                                                  NPM               :      15120100



                                                       
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2016/2017



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar (SD)
     Kelas/Semester            : V/2
     Tema                           : 8. Ekosistem
     Sub Tema                    : 1 Komponen Ekosistem
     Pembelajaran               : 5
     Waktu                         : 1 x 35 Menit (1 pertemuan)

A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
4.1 mengamati, mengolah , dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
C. Indikator
3.1.1 Mencari informasi dari teks bacaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
4.1.1 Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
D. Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan menggali informasi dari bacaan siswa dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem.  
  2. Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, siswa mampu mengolah informasi tentang faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem


E. Materi Pembelajaran
1.    Komponen Ekosistem
F. Metode Pembelajaran   
1.                                                                                    Pendekatan  : Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Eksperimen, Mengasosiasi/Mengolah Informasi, dan Mengkomunikasikan
2.      Metode                           : Tanya Jawab, Ceramah, Diskusi, Penugasan

G. Sumber Belajar
1.                                                                                    Buku Siswa SD Kelas V Ekosistem

H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Guru membuka dengan memberikan salam dan menanya kabar mereka
2.        Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin berdoa
3.        Guru meakkan presensi kepada siswa
4.        Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat untuk mengikuti proses belajar
5.        Guru menyampaikan kegiatan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran
5 Menit
 Inti
1.      Guru meminta siswa untuk membaca percakapan sederhana tentang berbagai ekosistem di berbagai belahan dunia dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
2.      Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan seperti: Apa yang kamu ketahui tentang ekosistem? Menurutmu apa komponen yang penting dalam sebuah ekosistem.
3.      Guru meminta siswa membaca teks bacaan Ekosistem secara saksama.
4.       Siswa mengajukan pertanyaan serta mendiskusikan definisi perubahan dalam suatu ekosistem, bentuk perubahan yang dapat terjadi, faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem, dan akibatnya bagi keseimbangan suatu ekosistem
5.      Guru meminta siswa mencermati daftar pertanyaan tentang ekosistem dan hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem.
6.      Guru meminta siswa mengerjakan soal pada buku siswa.
7.      Siswa bersama teman sebangku menjawab pertanyaan. Siswa diperbolehkan mencari informasi tambahan dari berbagai sumber untuk melengkapi jawaban mereka.
8.      Guru meminta siswa mempresentasikan jawaban mereka di depan kelas.

.  
20 Menit
Penutup
1.      Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi dari kegiatan hari ini
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini
3.      Guru melakukan penilaian , remedial atau pengayaan
4.      Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
5.      Guru mengucapkan salam
10 Menit

I. PENILAIAN
a.    Penilaian Sikap
Instrumen : Jujur, Cermat, Teiti, Disiplin
No
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Cermat
Disiplin
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.













2.













3.














Keterangan        
4        :    Sangat Baik
3        :    Baik
2        :    Cukup
1        :    Kurang

Keterangan Sikap
Sikap
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
Percaya Diri
Melakukan sesuatu tanpa ragu-ragu mengambil keputusan  secara cepat, berani mencoba  hal-hal yang baru, dan tidak mudah putus asa
Melakukan sesuatu tanpa ragu-ragu mengambil keputusan  secara cepat, berani mencoba  hal-hal yang baru.
Melakukan sesuatu tanpa ragu-ragu mengambil keputusan  secara cepa.
Melakukan sesuatu tanpa ragu-ragu.
Cermat
Memperhatikan guru dengan baik, teliti dalam mengerjakan  tugas, mengikuti pembelajaran dengan baik, dan membawa perlengkapan belajar sesuai dengan yang ditugaskan
Memperhatikan guru dengan baik, teliti dalam mengerjakan  tugas, mengikuti pembelajaran dengan baik.
Memperhatikan guru dengan baik, teliti dalam mengerjakan  tugas.
Memperhatikan guru dengan baik.
Disiplin
Mengikuti pembelajaran tepat waktu, berpakaian rapi, mengumpulkan tugas tepat waktu, dan tertib selama mengikuti pelajaran.
Mengikuti pembelajaran tepat waktu, berpakaian rapi, dan mengumpulkan tugas tepat waktu.
Mengikuti pembelajaran tepat waktu, dan berpakaian rapi.
Mengikuti pembelajaran tepat waktu.

b.        Penilaian Keterampilan

No
Nama
Pengetahuann dan Ketrampilan
Sikap
4
3
2
1
4
3
2
1
1









2









3










Keterangan        
4        :    Sangat Baik
3        :    Baik
2        :    Cukup
1        :    Kurang



Rubrik Ketrampilan membaca teks
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1
2
3
4
Pengetahuan dalam memahami isi bacaan
Siswa dapat memahami keseluruhan bacaan dengan sangat baik, dan dapat memberikan informasi singkat yang sangat lengkap
Siswa dapat memahami keseluruhan bacaan dengan sangat baik, dan dapat memberikan informasi singkat yang lengkap
Siswa dapat memahami keseluruhan bacaan dengan sangat baik, dan dapat memberikan informasi singkat yang cukup lengkap
Siswa masih perlu membaca lebih sajsama dan memahami keseluruhan bacaan dengan baik, serta perlu meningkatkan kemampuan untuk dapat  memberikan informasi singkat yang lengkap
Sikap ketika membaca saksama
Siswa menunjukkan kecermatan dan
ketelitian yang sangat baik ketika membaca serta menunjukkan kualitas sikap yang  sangat baik dan
terpuji ketika membaca saksama
Siswa menunjukkan kecermatan dan ketelitian yang baik  ketika membaca serta menunjukkan kualitas sikap yang  baik  dan terpuji ketika membaca saksama
Siswa menunjukkan kecermatan dan ketelitian
yang  cukup baik ketika membaca serta menunjukkan kualitas sikap yang  cukup
baik  dan terpuji ketika membaca saksama
Siswa
masih harus menunjukkan peningkatan dalam kecermatan dan ketelitian ketika membaca serta masih harus meningkatkan kualitas sikap yang  baik  dan terpuji ketika membaca saksama


Semarang, 16 Mei 2017
Mengetahui,
Dosen Pembimbing



Mudzanatun, M.Pd
NPP. 096901239


Praktekan



Teguh Laksana
NIM. 15120100

0 comments:

Post a Comment

KONSELOR INDONESIA. Powered by Blogger.

Search This Blog

Popular Posts

Pages

Kosong

Kosong