Responsive Banner design
Home » » Contoh RPL BKP, Meningkatkan Motifasi Belajar

Contoh RPL BKP, Meningkatkan Motifasi Belajar



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
Komponen
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Pribadi, Belajar
C
Topik / Tema Layanan
Tugas / Meningkatkan Motivasi Belajar
D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan Pencegahan
E
Tujuan Layanan
1.      Agar konseli mampu memiliki motivasi belajar dalam dirinya
2.      Agar konseli mampu mencapai tujuan dalam belajarnya
F
Hasil yang ingin dicapai
1.      Siswa mampu meningkatkan motivasi belajar
2.      Siswa mampu mencapai tujuan dalam belajarnya
G
Sasaran Layanan
Siswa kelas VIII
H
Metode dan teknik
Round Robin
I
Waktu
30 Menit
J
Uraian Materi
Terlampir
K
Sumber/ Referensi
1.      Sardiman A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
2.      Damyati dan Mudjiono. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
3.      Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
4.      Santrock, J.W. 1999. Lifespan Development. Boston: McGraw-Hill
5.      Suryabrata,S. 1982. Psikologi Belajar. Jakarta: Departemen Pendidkan dan Kebudayaan 
6.      Purwanto Ngalim, 2002, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
L
Karakter yang dikembangkan
Mandiri dan kreatif
M
Media / Alat
-
N
Tanggal Pelaksanaan
9 April 2018
P
Penyelenggara Layanan
M Azrul Azhar
Q
Pihak yang disertakan dalam layanan
Anggota kelompok :
-
Observer :
-
R
Uraian Kegiatan

1. Tahap Pembentukan
Kegiatan PK
Kegiatan AK
a)      PK mengucapkan salam dan terimakasih atas kehadiran AK
b)      Berdoa  
c)      PK menjelaskan pengertian dan tujuan BKp
d)     PK menjelaskan asas-asas BKp
e)      PK menjelaskan cara pelaksanaan BKp
f)       PK menanyakan kesepakatan waktu untuk kegiatan BKp
g)      PK memperkenalkan diri dengan permainan
a)      Menjawab salam



b)      Berdoa bersama-sama
c)      Mendengarkan dan mengamati saat PK menjelaskan pengertian, tujuan, asas, dan cara pelaksanaan BKp

d)     Memperkenalkan diri dengan permainan secara bergantian




2. Tahap Peralihan


Kegiatan PK
Kegiatan AK

a)      PK menjelaskan kembali kegiatan BKp
b)      PK menanyakan kesiapan AK untuk kegiatan lebih lanjut
c)      PK mengenali suasana kelompok
a)      AK mengamati penjelasan PK


b)      AK siap melakukan kegiatan BKp





3. Tahap Kegiatan

Kegiatan PK
Kegiatan AK
a)      PK mengemukakan topik yang akan di bahas dalam kegiatan BKp
b)      PK menjelaskan pentingnya topik tersebut dibahas dalam BKp
c)      PK membahas topik dengan menggunakan teknik Round Robin, langkah-langkahnya adalah:
1) PK mengatur anggota. kelompok secara melingkar.
2) PK menjelaskan aturan main round robin yaitu: PK mengajukan pertanyaan terkait tema, dan setiap AK memberikan ide secara bergilir searah jarum jam. Anggota yang lain dilarang mendebat ataupun bertanya.
3) PK memberikan nomor dada pada setiap anggota.
4) PK memilih 2 AK untuk menjadi notulis untuk mencatat secara bergantian.
5) PK mengajukan pertanyaan sesuai dengan topik.
6) PK mengatur lalu lintas round anggota.
7) notulen secara bergantian menulis ide yang disampaikan anggota.
8) ketika seluruh pertanyaan sudah dibahas dan seluruh anggota sudah berpartisipasi maka PK meminta notulen untuk membacakan ringkasan ide dari anggota.
9) PK mengajak anggota untuk membahas ide-ide yang dikumpulkan.
10) PK dan AK menyimpulkan ide terbaik dari masalah yang diajukan.
d)     Selingan (PK memberikan permainan/ice breaking “membentuk kelompok dengan cerita”)
e)      PK memberikan kesimpulan dari kegiatan BKp
a)      AK memperhatikan PK saat menjelaskan topik yang akan dibahas



b)      AK menyampaikan pendapat mengenai topik yang akan dibahas


c)      AK memperhatikan dan mengikuti aturan yang disampaikan PK dalam membahas topik yang telah ditentukan dengan menggunakan teknik Round Robin
































































d)     AK melakukan selingan yang diberikan oleh PK yaitu permainan membentuk kelompok dengan cerita





e)      AK menyimak kesimpulan dari topik yang telah dibahas yang disampaikan oleh PK
4. Tahap Pengakhiran

Kegiatan PK
Kegiatan AK
a)      PK menjelaskan bahwa kegiatan BKp akan diakhiri sesuai dengan kesepakatan waktu
b)      PK meminta AK untuk menyampaikan pesan dan kesan saat mengikuti kegiatan
c)      Pembahasan kegiatan lanjutan
d)     PK mengcapakan terimakasih karena AK telah mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir
e)      PK memimpin doa untuk mengakhiri kegiatan BKp
f)       Perpisahan dengan menyanyikan lagu “kemesraan”
g)      AK mendengarkan
h)      AK berdoa bersama
i)        Perpisahan
S
Evaluasi

1.  Evaluasi Proses
1.      Anggota kelompok aktif dan antusias dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok
2.      Seluruh anggota kelompok antusias saat mengikuti kegiatan bimbingan kelompok, mulai awal hingga akhir
3.      Anggota kelompok memiliki rasa nyaman selama kegiatan bimbingan kelompok berlangsung
4.      Anggota kelompok mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan baik dari awal hingga akhir
2.  Evaluasi Hasil
1.      Anggota kelompok memiliki pemahaman tentang motivasi belajar
2.      Anggota kelompok memiliki sikap positif setelah melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok
3.      Diharapkan setelah mengikuti layanan ini siswa memiliki perencanaan tentang kegiatan belajar selanjutnya


                                                                                    Semarang, 26 Maret 2018


Mengetahui :

Guru BK
Praktikan
------------------
        ROZY SETYONO


0 comments:

Post a Comment

KONSELOR INDONESIA. Powered by Blogger.

Search This Blog

Popular Posts

Pages

Kosong

Kosong