RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
(RPL)
BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER
GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi, Belajar
|
C
|
Topik / Tema Layanan
|
Tugas / Meningkatkan
Motivasi Belajar
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan Pencegahan
|
E
|
Tujuan Layanan
|
1. Agar konseli mampu memiliki motivasi belajar dalam
dirinya
2. Agar konseli mampu mencapai tujuan dalam belajarnya
|
F
|
Hasil yang ingin dicapai
|
1. Siswa mampu meningkatkan motivasi belajar
2. Siswa mampu mencapai tujuan dalam belajarnya
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Siswa kelas
VIII
|
H
|
Metode dan teknik
|
Round Robin
|
I
|
Waktu
|
30 Menit
|
J
|
Uraian Materi
|
Terlampir
|
K
|
Sumber/ Referensi
|
1.
Sardiman A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
2.
Damyati dan Mudjiono. 2004. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
3.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
4.
Santrock, J.W. 1999. Lifespan Development.
Boston: McGraw-Hill
5.
Suryabrata,S. 1982. Psikologi Belajar.
Jakarta: Departemen Pendidkan dan Kebudayaan
6.
Purwanto Ngalim,
2002, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
|
L
|
Karakter yang dikembangkan
|
Mandiri dan kreatif
|
M
|
Media / Alat
|
-
|
N
|
Tanggal Pelaksanaan
|
9
April 2018
|
P
|
Penyelenggara Layanan
|
M
Azrul Azhar
|
Q
|
Pihak yang disertakan dalam layanan
|
Anggota
kelompok :
-
Observer
:
-
|
R
|
Uraian Kegiatan
|
|
1. Tahap Pembentukan
|
||
Kegiatan PK
|
Kegiatan AK
|
|
a)
PK mengucapkan
salam dan terimakasih atas kehadiran AK
b)
Berdoa
c)
PK menjelaskan
pengertian dan tujuan BKp
d)
PK menjelaskan
asas-asas BKp
e)
PK
menjelaskan cara pelaksanaan BKp
f)
PK
menanyakan kesepakatan waktu untuk kegiatan BKp
g)
PK
memperkenalkan diri dengan permainan
|
a) Menjawab salam
b) Berdoa bersama-sama
c) Mendengarkan dan mengamati saat PK menjelaskan
pengertian, tujuan, asas, dan cara pelaksanaan BKp
d) Memperkenalkan diri dengan permainan secara bergantian
|
|
2. Tahap Peralihan
|
||
Kegiatan PK
|
Kegiatan AK
|
|
a)
PK menjelaskan
kembali kegiatan BKp
b)
PK
menanyakan kesiapan AK untuk kegiatan lebih lanjut
c)
PK mengenali
suasana kelompok
|
a) AK mengamati penjelasan PK
b)
AK siap
melakukan kegiatan BKp
|
|
|
3. Tahap Kegiatan
|
|
Kegiatan PK
|
Kegiatan AK
|
|
a)
PK
mengemukakan topik yang akan di bahas dalam kegiatan BKp
b)
PK menjelaskan
pentingnya topik tersebut dibahas dalam BKp
c)
PK membahas
topik dengan menggunakan teknik Round Robin, langkah-langkahnya adalah:
1) PK mengatur anggota. kelompok secara melingkar.
2) PK menjelaskan aturan main round robin yaitu: PK
mengajukan pertanyaan terkait tema, dan setiap AK memberikan ide secara
bergilir searah jarum jam. Anggota yang lain dilarang mendebat ataupun
bertanya.
3) PK memberikan nomor dada pada setiap anggota.
4) PK memilih 2 AK untuk menjadi notulis untuk mencatat
secara bergantian.
5) PK mengajukan pertanyaan sesuai dengan topik.
6) PK mengatur lalu lintas round anggota.
7) notulen secara bergantian menulis ide yang
disampaikan anggota.
8) ketika seluruh pertanyaan sudah dibahas dan seluruh
anggota sudah berpartisipasi maka PK meminta notulen untuk membacakan
ringkasan ide dari anggota.
9) PK mengajak anggota untuk membahas ide-ide yang
dikumpulkan.
10) PK dan AK menyimpulkan ide terbaik dari masalah
yang diajukan.
d)
Selingan (PK
memberikan permainan/ice breaking “membentuk kelompok dengan cerita”)
e)
PK
memberikan kesimpulan dari kegiatan BKp
|
a) AK memperhatikan PK saat menjelaskan topik yang akan
dibahas
b) AK menyampaikan pendapat mengenai topik yang akan
dibahas
c) AK memperhatikan dan mengikuti aturan yang disampaikan
PK dalam membahas topik yang telah ditentukan dengan menggunakan teknik Round
Robin
d)
AK melakukan
selingan yang diberikan oleh PK yaitu permainan membentuk kelompok dengan
cerita
e)
AK menyimak
kesimpulan dari topik yang telah dibahas yang disampaikan oleh PK
|
|
4.
Tahap Pengakhiran
|
||
Kegiatan PK
|
Kegiatan AK
|
|
a)
PK menjelaskan
bahwa kegiatan BKp akan diakhiri sesuai dengan kesepakatan waktu
b)
PK meminta
AK untuk menyampaikan pesan dan kesan saat mengikuti kegiatan
c)
Pembahasan
kegiatan lanjutan
d)
PK
mengcapakan terimakasih karena AK telah mengikuti kegiatan dari awal hingga
akhir
e)
PK memimpin doa
untuk mengakhiri kegiatan BKp
f)
Perpisahan dengan
menyanyikan lagu “kemesraan”
|
g) AK mendengarkan
h) AK berdoa bersama
i)
Perpisahan
|
|
S
|
Evaluasi
|
|
|
1.
Evaluasi Proses
|
1. Anggota kelompok aktif dan antusias dalam mengikuti
layanan bimbingan kelompok
2. Seluruh anggota kelompok antusias saat mengikuti
kegiatan bimbingan kelompok, mulai awal hingga akhir
3. Anggota kelompok memiliki rasa nyaman selama kegiatan
bimbingan kelompok berlangsung
4. Anggota kelompok mengikuti kegiatan layanan bimbingan
kelompok dengan baik dari awal hingga akhir
|
2. Evaluasi Hasil
|
1. Anggota kelompok memiliki pemahaman tentang motivasi
belajar
2. Anggota kelompok memiliki sikap positif setelah
melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok
3. Diharapkan setelah mengikuti layanan ini siswa memiliki
perencanaan tentang kegiatan belajar selanjutnya
|
Semarang,
26 Maret 2018
Mengetahui :
|
|
Guru BK
|
Praktikan
|
------------------
|
ROZY SETYONO
|
|
|
0 comments:
Post a Comment