Responsive Banner design
Home » » RPL BKP TOPIK BEBAS | RPL SESUAI POP BK

RPL BKP TOPIK BEBAS | RPL SESUAI POP BK



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
Komponen
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Pribadi, Sosial Belajar
C
Topik / Tema Layanan

D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan Pencegahan
E
Tujuan Layanan
-
-  
F
Hasil yang ingin dicapai
-
-
G
SasaranLayanan
Siswa
H
Metodedanteknik

I
Waktu
30 Menit
J
Uraian Materi

K
Sumber/ Referensi

L
Karakter yang dikembangkan
Mandiri dan kreatif
M
Media / Alat
-
N
TanggalPelaksanaan
9 April 2018
P
Penyelenggara Layanan
Guru BK
Q
Pihak yang disertakan dalam layanan
Anggota kelompok :
Guru BK
Observer :
-
R
UraianKegiatan

1. TahapPembentukan
Kegiatan PK
Kegiatan AK
a)      PK mengucapkan salam dan terimakasih atas kehadiran AK
b)      Berdoa
c)      PK menjelaskan pengertian dan tujuan BKp
d)     PK menjelaskan asas-asas BKp
e)      PK menjelaskan cara pelaksanaan BKp
f)       PK menanyakan kesepakatan waktu untuk kegiatan BKp
g)      PK memperkenalkan diri dengan permainan bernyanyi
a)      Menjawab salam
b)      Berdoa bersama-sama
c)      Mendengarkan dan mengamati saat PK menjelaskan pengertian, tujuan, asas, dan cara pelaksanaan BKp

d)     Memperkenalkan diri melalui nyanyi secara bergantian




2. Tahap Peralihan


Kegiatan PK
Kegiatan AK

a)      PK menjelaskan kembali kegiatan BKp
b)      PK menanyakan kesiapan AK untuk kegiatan lebih lanjut
c)      PK mengenali suasana kelompok
a)      AK mengamati penjelasan PK


b)      AK siap melakukan kegiatan BKp





3. TahapKegiatan

Kegiatan PK
Kegiatan AK
a)      PK mengemukakan topik Meningkatkan Motivasi Belajar yang akan di bahas dalam kegiatan BKp
b)      PK menjelaskan pentingnya topik tersebut dibahas dalam BKp
c)      PK membahas topik dengan menggunakan teknik Round Robin, langkah-langkahnya adalah:
1) PK mengatur anggota. kelompok secara melingkar.
2) PK menjelaskan aturan main round robin yaitu: PK mengajukan pertanyaan terkait tema, dan setiap AK memberikan ide secara bergilir searah jarum jam. Anggota yang lain dilarang mendebat ataupun bertanya.
3) PK memberikan nomor dada pada setiap anggota.
4) PK memilih 2 AK untuk menjadi notulis untuk mencatat secara bergantian.
5) PK mengajukan pertanyaan sesuai dengan topik.
6) PK mengatur lalu lintas round anggota.
7) notulen secara bergantian menulis ide yang disampaikan anggota.
8) ketika seluruh pertanyaan sudah dibahas dan seluruh anggota sudah berpartisipasi maka PK meminta notulen untuk membacakan ringkasan ide dari anggota.
9) PK mengajak anggota untuk membahas ide-ide yang dikumpulkan.
10) PK dan AK menyimpulkan ide terbaik dari masalah yang diajukan.
d)     Selingan (PK memberikan permainan/ice breaking “membentuk kelompok dengan cerita”)
e)      PK memberikan kesimpulan dari kegiatan BKp
a)      AK memperhatikan PK saat menjelaskan topik Meningkatkan Motivasi Belajar yang akan dibahas



b)      AK menyampaikan pendapat mengenai topik Meningkatkan Motivasi Belajar yang akan dibahas


c)      AK memperhatikan dan mengikuti aturan yang disampaikan PK dalam membahas topik yang telah ditentukan dengan menggunakan teknik Round Robin
































































d)     AK melakukan selingan yang diberikan oleh PK yaitu permainan membentuk kelompok dengan cerita





e)      AK menyimak kesimpulan dari topik yang telah dibahas yang disampaikan oleh PK
4. TahapPengakhiran

Kegiatan PK
Kegiatan AK
a)      PK menjelaskan bahwa kegiatan BKp akan diakhiri sesuai dengan kesepakatan waktu
b)      PK meminta AK untuk menyampaikan pesan dan kesan saat mengikuti kegiatan
c)      Pembahasan kegiatan lanjutan
d)     PK mengcapakan terimakasih karena AK telah mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir
e)      PK memimpin doa untuk mengakhiri kegiatan BKp
f)       Perpisahan dengan menyanyikan lagu “kemesraan”
g)      AK mendengarkan
h)      AK berdoa bersama
i)        Perpisahan
S
Evaluasi

1.  EvaluasiProses
1.      Anggota kelompok aktif dan antusias dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok
2.      Seluruh anggota kelompok antusias saat mengikuti kegiatan bimbingan kelompok, mulai awal hingga akhir
3.      Anggota kelompok memiliki rasa nyaman selama kegiatan bimbingan kelompok berlangsung
4.      Anggota kelompok mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan baik dari awal hingga akhir
2.  Evaluasi Hasil
1.      Anggota kelompok memiliki pemahaman tentang motivasi belajar
2.      Anggota kelompok memiliki sikap positif setelah melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok
3.      Diharapkan setelah mengikuti layanan ini siswa memiliki perencanaan tentang kegiatan belajar selanjutnya


                                                                                    Semarang, 28 Juni 2018


Mengetahui :

Guru BK
Praktikan
------------------
Ferianto









0 comments:

Post a Comment

KONSELOR INDONESIA. Powered by Blogger.

Search This Blog

Popular Posts

Pages

Kosong

Kosong