RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
(RPL)
SEMESTER
GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi, Sosial Belajar
|
C
|
Topik / Tema Layanan
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan Pencegahan
|
E
|
Tujuan Layanan
|
-
-
|
F
|
Hasil yang ingin dicapai
|
-
-
|
G
|
SasaranLayanan
|
Siswa
|
H
|
Metodedanteknik
|
|
I
|
Waktu
|
30 Menit
|
J
|
Uraian
Materi
|
|
K
|
Sumber/
Referensi
|
|
L
|
Karakter yang dikembangkan
|
Mandiri dan kreatif
|
M
|
Media / Alat
|
-
|
N
|
TanggalPelaksanaan
|
9 April 2018
|
P
|
Penyelenggara
Layanan
|
Guru BK
|
Q
|
Pihak yang
disertakan dalam layanan
|
Anggota kelompok :
Guru BK
Observer :
-
|
R
|
UraianKegiatan
|
|
1.
TahapPembentukan
|
||
Kegiatan PK
|
Kegiatan AK
|
|
a)
PK mengucapkan
salam dan terimakasih atas kehadiran AK
b)
Berdoa
c)
PK menjelaskan
pengertian dan tujuan BKp
d)
PK menjelaskan
asas-asas BKp
e)
PK
menjelaskan cara pelaksanaan BKp
f)
PK
menanyakan kesepakatan waktu untuk kegiatan BKp
g)
PK
memperkenalkan diri dengan permainan bernyanyi
|
a) Menjawab salam
b) Berdoa bersama-sama
c) Mendengarkan dan mengamati saat PK menjelaskan
pengertian, tujuan, asas, dan cara pelaksanaan BKp
d) Memperkenalkan diri melalui nyanyi secara bergantian
|
|
2. Tahap Peralihan
|
||
Kegiatan PK
|
Kegiatan AK
|
|
a)
PK menjelaskan
kembali kegiatan BKp
b)
PK
menanyakan kesiapan AK untuk kegiatan lebih lanjut
c)
PK mengenali
suasana kelompok
|
a) AK mengamati penjelasan PK
b) AK siap melakukan kegiatan BKp
|
|
|
3.
TahapKegiatan
|
|
Kegiatan PK
|
Kegiatan AK
|
|
a)
PK
mengemukakan topik Meningkatkan Motivasi Belajar yang akan di bahas dalam kegiatan BKp
b)
PK menjelaskan
pentingnya topik tersebut dibahas dalam BKp
c)
PK membahas
topik dengan menggunakan teknik Round Robin, langkah-langkahnya adalah:
1) PK mengatur anggota.
kelompok secara melingkar.
2) PK menjelaskan aturan main
round robin yaitu: PK mengajukan pertanyaan terkait tema, dan setiap AK
memberikan ide secara bergilir searah jarum jam. Anggota yang lain dilarang
mendebat ataupun bertanya.
3) PK memberikan nomor dada
pada setiap anggota.
4) PK memilih 2 AK untuk
menjadi notulis untuk mencatat secara bergantian.
5) PK mengajukan pertanyaan
sesuai dengan topik.
6) PK mengatur lalu lintas
round anggota.
7) notulen secara bergantian
menulis ide yang disampaikan anggota.
8) ketika seluruh pertanyaan
sudah dibahas dan seluruh anggota sudah berpartisipasi maka PK meminta
notulen untuk membacakan ringkasan ide dari anggota.
9) PK mengajak anggota untuk
membahas ide-ide yang dikumpulkan.
10) PK dan AK menyimpulkan
ide terbaik dari masalah yang diajukan.
d)
Selingan (PK
memberikan permainan/ice breaking “membentuk kelompok dengan cerita”)
e)
PK
memberikan kesimpulan dari kegiatan BKp
|
a) AK memperhatikan PK saat menjelaskan topik Meningkatkan Motivasi Belajar yang akan dibahas
b) AK menyampaikan pendapat mengenai topik Meningkatkan Motivasi Belajar yang akan dibahas
c) AK memperhatikan dan mengikuti aturan yang disampaikan
PK dalam membahas topik yang telah ditentukan dengan menggunakan teknik Round
Robin
d) AK melakukan selingan yang diberikan oleh PK yaitu
permainan membentuk kelompok dengan cerita
e) AK menyimak kesimpulan dari topik yang telah dibahas
yang disampaikan oleh PK
|
|
4. TahapPengakhiran
|
||
Kegiatan PK
|
Kegiatan AK
|
|
a)
PK menjelaskan
bahwa kegiatan BKp akan diakhiri sesuai dengan kesepakatan waktu
b)
PK meminta
AK untuk menyampaikan pesan dan kesan saat mengikuti kegiatan
c)
Pembahasan
kegiatan lanjutan
d)
PK
mengcapakan terimakasih karena AK telah mengikuti kegiatan dari awal hingga
akhir
e)
PK memimpin doa
untuk mengakhiri kegiatan BKp
f)
Perpisahan dengan
menyanyikan lagu “kemesraan”
|
g) AK mendengarkan
h) AK berdoa bersama
i)
Perpisahan
|
|
S
|
Evaluasi
|
|
|
1. EvaluasiProses
|
1. Anggota kelompok aktif dan antusias dalam mengikuti
layanan bimbingan kelompok
2. Seluruh anggota kelompok antusias saat mengikuti
kegiatan bimbingan kelompok, mulai awal hingga akhir
3. Anggota kelompok memiliki rasa nyaman selama kegiatan
bimbingan kelompok berlangsung
4. Anggota kelompok mengikuti kegiatan layanan bimbingan
kelompok dengan baik dari awal hingga akhir
|
2.
Evaluasi Hasil
|
1. Anggota kelompok memiliki pemahaman tentang motivasi
belajar
2. Anggota kelompok memiliki sikap positif setelah
melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok
3. Diharapkan setelah mengikuti layanan ini siswa memiliki
perencanaan tentang kegiatan belajar selanjutnya
|
Semarang,
28 Juni 2018
Mengetahui :
|
|
Guru BK
|
Praktikan
|
------------------
|
Ferianto
|
|
|
0 comments:
Post a Comment